Widget HTML Atas

Drama Mangir pdf Karya Pramoedya


Sinopsis Buku Drama Mangir Karya Pramoedya
Review Buku Drama Mangir Karya Pramoedya
Download Ebook Drama Mangir pdf Karya Pramoedya

Mangir merupakan naskah sandiwara yang dinovelkan. Di sampul depan buku itu pun tertulis ‘Drama Mangir’. Jadi saat membacanya, Anda tidak akan menemukan deskripsi panjang seperti dalam novel atau cerita pada umumnya melainkan dialog antartokoh. 

Penegasan karakter, latar, dan alur semuanya dijelaskan melalui tokoh-tokohnya itu sendiri.
Seperti karya Pram lainnya, karyanya yang satu ini juga berbentuk realisme murni. 

Didasarkan pada riset sejarah yang mendalam dan penulisannya didasarkan pada fakta-fakta yang ada. Bahkan bisa digolongkan sebagai tulisan nonfiksi yang disajikan dengan gaya bahasa tulisan fiksi.

Mangir menceritakan peristiwa yang sebenarnya terjadi antara Ki Ageng Mangir Muda dan ular Baru Klinting. Dalam legenda Jawa, ada kisah tentang ular Baru Klinting. 

Dulu sekali waktu masih kecil, saya pernah membaca cerita ini. Dalam cerita tersebut disebutkan bahwa Ki Ageng Mangir berhasil menaklukkan ular raksasa yang panjangnya cukup untuk melingkari Gunung Merapi. Nggak kebayang bukan seberapa besarnya ular itu?

Mangir-nya Pram menyingkap semua tabir yang menutupi cerita rakyat tersebut dari cerita yang sebenarnya. Ia mengatakan bahwa Baru Klinting bukanlah ular sungguhan. 

Ia merupakan seorang manusia yang dikiaskan dengan ular. Sosok Baru Klinting yang sebetulnya manusia disembunyikan dalam sosok ular! Ia pun menjelaskan lebih detail bahwa sudah menjadi ciri khas penulis Jawa masa lalu untuk menyamarkan sosok yang dianggap berbahaya dan untuk menghindari penggambaran kelemahan watak.


“Kerasnya feodalisme Jawa telah menghasilkan kehati-hatian para pujangganya, suatu kehati-hatian yang keras berlebihan untuk tidak menggunakan kata kelemahan watak.” – Pram

Kehati-hatian itu diwujudkan dengan sanepa atau kiasan. Selain Baru Klinting yang dikiaskan sebagai ular, Pram menuturkan lebih lanjut:


“Sudah menjadi kebiasaan dalam penulisan tradisional Jawa sejak Airlangga (1010-1049), musuh atau oknum yang tidak disukai oleh raja atau dinastinya digambarkan sebagai bukan sepenuhnya-manusia (Calon Arang misalnya), yang terpuji sebagai satria teladan yang diambil dari tokoh-tokoh Bharatayudha, dan bila seseorang dari rakyat kebanyakan digambarkan tepat sebagai hewan dengan sifat-sifatnya (dalam cerita Sangkuriang misalnya).” – Pram

Dari penuturan Pram di atas, menunjukkan bahwa orang Jawa sangat piawai menyembunyikan maksud. Jangan-jangan dalam cerita rakyat Jaka Tarub, Roro Jonggrang dan yang lain-lain ada fakta yang disembunyikan. 

Masih menurut Pram, pengkiasan ini menyulitkan generasi selanjutnya menebak apa yang sesungguhnya terjadi di masa itu.

Saat membaca buku ini, jangan langsung meloncat ke bagian inti cerita. Usahakan untuk menyelesaikan bagian pengantar yang jumlahnya mencapai 40 halaman! Akan ada miss dan mutiara-mutiara yang terlewatkan jika Anda melewatkan bagian pengantar yang cukup banyak itu. 

Selain itu, Anda akan membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi karena gaya bahasanya lebih mirip orang yang sedang berpuisi daripada sedang bercakap-cakap.

Sedikit ringkasan tentang Mangir, Mangir adalah nama sebuah tanah perdikan yang ada di Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di sekitar Kota Gede. Latar waktu terjadinya cerita ini yaitu antara tahun 1575-1577. 

Bumi Mangir adalah bumi yang damai dan sejahtera dan tidak termasuk dalam sistem pemerintahan kerajaan. Konflik mulai muncul ketika Kesultanan Mataram (Kerajaan Mataram Islam) ingin menaklukkan tanah perdikan ini.

Karena sangat sukar ditaklukkan, raja Mataram saat itu yakni Panembahan Senapati mengorbankan putrinya sendiri, Putri Pambayun, sebagai umpan untuk memata-matai Ki Ageng Mangir Muda. 

Yang terjadi kemudian, Putri Pambayun malah berbalik mengkhianati ayahnya sendiri.