Widget HTML Atas

Buat Apa Shalat?! Karya Haidar Bagir



Buat Apa Shalat?! kecuali Jika Anda Hendak Mendapatkan Kebahagiaan dan Pencerahan Hidup Shalat seharusnya adalah wahana privat yang di dalamnya percakapan seorang hamba dan Tuhan terjadi dengan begitu dalam dan mesra. 

Ungkapan Nabi "Shalat adalah cahaya mataku" melukiskan luapan kegembiraan yang beliau peroleh ketika shalat. 

Maka, ta ubahnya dengan yang terjadi pada Nabi Saw., shalat yang benar dapat menghasilkan kebahagiaan dan pencerahan (ilham dan kreativitas) bagi pelakunya. 

Inilah suatu keadaan yang, oleh Mihaly Csikszentmihalyi, seorang tokoh psikologi positi terkemuka, disebut sebagai flow.

Buku, yang disusun oleh seseorang yang memiliki concern terhadap Tasawuf (positif) dan Filsafat Islam, ini merupakan upaya untuk menampilkan shalat sebagai jawaban atas kebutuhan eksistensial dan intelektual manusia modern akan kebahagiaan dan pencerahan hidup. 

Terbagi dalam dua bagian, bagian pertama menjelaskan tentang hakikat dan makna shalat yang benar, yang bisa melahirkan kebahagiaan dan pencerahan hidup, berikut konsekuensi komitmen sosialnya. 

Bagian kedua, yakni bagian terpenting buku ini, merupakan penjelasan sekaligus bimbingan dari para sufi besar dan filosof tentang apa dan bagaimana shalat yang sebenarnya itu.

"Lain daripada yang lain, mencerahkan dan transformatif." --Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Rektor UIN Jakarta