Widget HTML Atas

Sosialisme Utopian Abad XIX Karya G.V. Plekhanov





Salah-seorang tokoh paling terkemuka dalam gerakan buruhinternasional, G. V. Plekhanov, adalah seorang ahli teori ulung, seorang ahli propaganda dan pembela Marxisme yang berbakat.

Tulisan-tulisannya mengenai filsafat merupakan sumbangan penting bagi perkembangan pemikiran sosial di Rusia. Demikian, Lenin menyebutkan tulisan-tulisan Plekhanov sebagai yang terbaik di dalam literatur Marxis internasional.

Karya-karyanya mempunyai pengaruh yang tak-dapat dihilangkan dalam mendasari materialisme dialektis dan historis dan sosialisme ilmiah, maupun dalam sejarah filsafat, etika dan estetika, logika dan psikologi. 

Ia penulis sejumlah gagasan orisinil yang secara kreatif mendasari dan mengembangkan azas-azas filsafat Marxisme tertentu yang sangat penting.

Plekhanov mengemukakan suatu penilaian historis yang tepat mengenai kehidupan Rusia menjelang akhir abad XIX, dan argumen-argumen teoritisnya, yang membuktikan kebutuhan akan sebuah partai klas-buruh sebagai suatu faktor menentukan untuk mengakhiri krisis yang sedang melanda negeri itu, mempunyai arti-penting yang besar sekali bagi nasib keseluruhan Rusia.