Widget HTML Atas

Dunia Sophie Karya Jostein Gaarder



Sophie Amundsen, remaja berumur 14 menuju 15 tahun yang penuh rasa penasaran yang tinggi. 

Dalam kesibukannya sehari-hari menuju ulang tahunnya yang ke lima belas, dia dikejutkan oleh surat-surat misterius yang ditujukan untuknya. 

Ada dua jenis surat misterius, pertama surat yang berisi kuliah sejarah filsafat dan kedua surat yang berisi ucapan selamat ulang tahun yang ditujukan untuk Hilde Moller Knag yang dikirim oleh ayahnya Mayor tentara PBB yang sedang bertugas di Lebanon! 

Sophie sama sekali tidak mengenal siapa itu Hilde dan ayahnya. Dia terus menerus diteror surat-surat ucapan selamat. 

Selain itu, dia merasa tertarik oleh kuliah filsafat yang diterimanya. Dia mulai berpikir kritis dan mencari tahu sendiri jawaban dari pertanyaan-pertanyaan filsafat. 

Dalam perjalanannya mengarungi dunia filsafat bersamaa guru filsafat sejati, Alberto Knox, mereka merencanakan sesuatu untuk dapat lepas dari jeratan sang Mayor yang memiliki kekuatan setara Tuhan. 

Sophie belajar filsafat dari pra masa trio Socrates, Plato, dan Aristoteles, Hingga zamannya sendiri. Apakah mereka berhasil kabur dari Kemahakuasaan sang Mayor?

“Pertama-tama dia bersikap kritis terhadap segala sesuatu yang dapat kita pahami. Dan kemudian, dia menyelundupkan Tuhan melalui pintu belakang.”
===============================================================

Buku yang sangat elegan. Melihat jumlah halamannya mendekati 800 halaman membuatku sangat tertarik. Apalagi ditambah banyak testimoni mengenai betapa mudahnya buku ini dipahami. 

Cara cerita diceritakan menggunakan cara yang berbeda. Saya sengaja tidak membocorkan banyak hal, sebab di situ lah keseruannya. 

Saya sangat merekomendasikan untuk membaca buku ini agar pikiran liar kita dapat lepas. Sophie memulai semuanya dari keraguan dan bahkan akhirnya merasa tidak nyaman akan eksistensinya. 

Memang buku ini lebih banyak menceritakan sejarah filsafat yang menurut saya cukup membosankan, layaknya membaca biografi orang, meskipun dengan bumbu-bumbu yang dibuat untuk mempermudah pembaca. 

Agar mendapatkan keseruan konflik yang dibawakan, butuh membaca terus sampai lebih dari setengah buku! Dari sana ke depan, banyak hal mulai terbongkar dan masuk akal, dan ironis dan sangat menantang untuk terus diikuti! 

Saya memberi rating 10/10, sebab ini buku pertama yang menawarkan jalan cerita yang unik yang pernah saya baca! Jalan cerita yang membuat saya meragukan ke-ada-an semua hal, bahkan ke-hakikat-an diri sendiri! 

Jangan khawatir mengenai materi filsafatnya, meskipun tidak mengerti bagian filsafatnya, Novel ini tetap sangat bisa dinikmati. Novel ini adalah maha karya!